Perbedaan Bus NON HD, HD, SHD, HDD, DD, UHD
Perkembangan
dunia perbisan beberapa tahun ini memang
mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bisa di bilang bahwa saat ini
perkembangan industry karoseri Indonesia memasuki babak baru trend model bus.
Utamanya dengan model bus High Deck. Kesempatan bus di buat lebih tinggi
terbuka dengan hadirnya peraturan pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang
kendaraan yang mengatur ketentuan baru jenis-jenis kendaraan yang bisa di buat
di Indonesia. Satu hasil nya terlihat 5 tahun terakhir ini, banyak muncul bus bus
terbaik karya karoseri Indonesia, lalu apa sajakah jenis jenis bus yang ada di Indonesia ini?
Inilah 6 jenis bus yang sampai saat
ini masih digunakan di indonesia
- BUS NORMAL DECK (NON HD)
Bus normal deck
atau yang sering di sebut juga Non HD yaitu bus yang paling umum dan biasa kita
temukan biasanya pada bus bus keluaran sebelum tahun 2009, sering kali juga di
temukan bus kelas ekonomi atau bus bus yang bermesin depan, walaupun sekarang
sudah jarang sekali di jumpai.
Ciri Ciri nya
yaitu tinggi bus -+ 3000mm – 3300mm dari tanah ke atap bus nya, tinggi tempat
duduk supir yang sejajar atau lebih tinggi dari tempat duduk penumpangnya
menjadi salah satu ciri pada bus Non HD ini., lalu biasa nya terdapat gundukan tempat
mesin di bagian samping pengemudi atau yang sering kita sebut dengan kuburan
mesin nya pada bus yang bermesin depan, lalu bagian bagasi yang tidak terlalu
luas
- BUS HIGH DECK (HD)
Bus High Deck adalah bus yang memiliki body
yang lebih tinggi dibandingkan dengan normal deck yang kita bahas sebelumnya,
bus ini mulai menjadi trend pada tahun 2009.
Ciri ciri nya
yaitu bus memiliki tinggi 3400mm - 3500mm.,
Hanya berbeda 10cm
dengan bus normal., menjadikan bus HD ini sangat sulit untuk di bedakan.,
sedangkan pada
bagian interior nya tempat duduk supir
posisi nya lebih rendah dari tempat duduk penumpangnya, dan pada bus yang
menggunakan mesin depan, sudah tidak ditemukan lagi gundukan mesin nya.,
- BUS SUPER HIGH DECK (SHD)
SHD |
Bus SHD adalah
model bus yang saat ini mejadi trend, bus SHD pertama kali di perkenalkan pada
ajang GIAS 2015 oleh sang pelopor bus
berlantai tinggi yakni karoseri adiputro.
Ciri khas bus SHD
pada beberapa karoseri bus yaitu memiliki sekat antara 2 kaca atau yang sering
disebut dengan topi ataupun bando, pada bagian belakang, bagian grill lebih
tinggi dari bus HD serta jarak antara kaca belakang dan grill yang lebih lebar
dari Bus HD, pada bagian interior nya tempat duduk penumpang lebih tinggi
dibandingkan tempat duduk pengemudi, pada bagian bagasi yang lebih lebar bahkan
bisa di maskan motor dalam keadaan berdiri.
- BUS HIGH DECK DOUBLE GLASS (HDD)
HDD |
Bus high deck Atau
yang biasa disebut dengan HDD yaotu hasil pengembangan dari seri SHD yang
sempat kita bahas sebelumnya, body ini cocok di terapkan untuk spesifikasi di
luar SHD, semisal Hino RN dan Mercedes Benz OH 1526, perbedaan dengan SHD yaitu
body yang lebih rendah, sama tinggi dengan jenis High Deck, topi yang lebih
tipis serta terkadang sejajar dengan bangku penumpang, serta jumlah grill
belakang yang di kurangi.
- BUS DOUBLE DECKER / BUS TINGKAT (DD)
Bus Double Decker
atau yang biasa disebut DD yaitu bus yang memiliki tinggi –+ 4150mm, dibagi
menjadi 2 tingkat deck dihubungkan melalui tangga. Trend bus Double Decker
untuk bus AKAP ini pertama kali di perkenalkan oleh karoseri Adiputro dengan
produk Double Decker nya pada ajang GIIAS 2015 lalu yang berbarengan dengan bus
SHD nya.
- BUS ULTRA HIGH DECK (UHD)
Bus yang satu ini
tergolong masih baru dan unit nya yang bertugas di jalan raya pun masih bisa di
hitung dengan jari., tercatat bahwa satu satu nya karoseri yang memproduksi bus
ULTRA HIGH DECK atau UHD ini yaitu karoseri Adiputro yang di pamerkan dan perkenalkan pada ajang
GIIAS 2018 lalu, bus ini berjenis JetBus 3+ Ultra High Deck (UHD) yang di akui
cukup mendapatkan perhatian dari pengunjung GIIAS 2018 lalu, dan sempat juga
menghebohkan dunia per bus an di Indonesia, Bus UHD ini di bangun di atas
chasis premium Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan bus ini juga di jual dengan
harga sekitar 3,1 Miliar, kalau untuk biaya pembuatan body karoseri nya saja
yaitu sekitar 600Juta Rupiah, Bus ini memliki panjang total 13500mm, lebar nya
sekitar 2500mm, dan tinggi nya sekitar 4000mm, dengan tinggi yang hampir
mencapai 4 meter, bus ini hamper menyamai bus double decker atau bus tingkat
apabila di sejajarkan, desain bus UHD ini membuat bus ini bisa membawa kargo
dalam jumlah yang cukup banyak termasuk mengangkut sepeda motor karena ruang
kargo di bawah deck menjadi extra besar dan extra luas, posisi pengemudi
dirancang lebih rendah dari lantai kabin penumpang nya, untuk akses naik,
disiapkan pintu di bagian depan dan tengah dengan dibantu tangga.
Nah itulah jenis
jenis bus yang ada di Negara Indonesia yang masih digunakan sampai saat ini.,
Besar harapan kita
untuk kemajuan dunia per bus an di Indonesia, semoga karoseri karoseri bus
Indonesia bisa lebih maju lagi, dan melahirkan bus bus terbaik kedepan nya…,
Comments
Post a Comment