Perbedaan Bus NON HD, HD, SHD, HDD, DD, UHD


Perkembangan dunia perbisan  beberapa tahun ini memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bisa di bilang bahwa saat ini perkembangan industry karoseri Indonesia memasuki babak baru trend model bus. Utamanya dengan model bus High Deck. Kesempatan bus di buat lebih tinggi terbuka dengan hadirnya peraturan pemerintah Nomor 55 tahun 2012 tentang kendaraan yang mengatur ketentuan baru jenis-jenis kendaraan yang bisa di buat di Indonesia. Satu hasil nya terlihat 5 tahun terakhir ini, banyak muncul bus bus terbaik karya karoseri Indonesia, lalu apa sajakah  jenis jenis bus yang ada di Indonesia ini?
Inilah 6 jenis bus yang sampai saat ini masih digunakan di indonesia
  • BUS NORMAL DECK (NON HD)

NON HD
Bus normal deck atau yang sering di sebut juga Non HD yaitu bus yang paling umum dan biasa kita temukan biasanya pada bus bus keluaran sebelum tahun 2009, sering kali juga di temukan bus kelas ekonomi atau bus bus yang bermesin depan, walaupun sekarang sudah jarang sekali di jumpai.
Ciri Ciri nya yaitu tinggi bus -+ 3000mm – 3300mm dari tanah ke atap bus nya, tinggi tempat duduk supir yang sejajar atau lebih tinggi dari tempat duduk penumpangnya menjadi salah satu ciri pada bus Non HD ini., lalu biasa nya terdapat gundukan tempat mesin di bagian samping pengemudi atau yang sering kita sebut dengan kuburan mesin nya pada bus yang bermesin depan, lalu bagian bagasi yang tidak terlalu luas
  •  BUS HIGH DECK (HD)


 
HD
Bus High Deck adalah bus yang memiliki body yang lebih tinggi dibandingkan dengan normal deck yang kita bahas sebelumnya, bus ini mulai menjadi trend pada tahun 2009.
Ciri ciri nya yaitu bus memiliki tinggi 3400mm - 3500mm.,
Hanya berbeda 10cm dengan bus normal., menjadikan bus HD ini sangat sulit untuk di bedakan.,
sedangkan pada bagian interior nya  tempat duduk supir posisi nya lebih rendah dari tempat duduk penumpangnya, dan pada bus yang menggunakan mesin depan, sudah tidak ditemukan lagi gundukan mesin nya.,
  •        BUS SUPER HIGH DECK (SHD)

SHD

Bus SHD adalah model bus yang saat ini mejadi trend, bus SHD pertama kali di perkenalkan pada ajang GIAS 2015 oleh sang pelopor bus  berlantai tinggi yakni karoseri adiputro.
Ciri khas bus SHD pada beberapa karoseri bus yaitu memiliki sekat antara 2 kaca atau yang sering disebut dengan topi ataupun bando, pada bagian belakang, bagian grill lebih tinggi dari bus HD serta jarak antara kaca belakang dan grill yang lebih lebar dari Bus HD, pada bagian interior nya tempat duduk penumpang lebih tinggi dibandingkan tempat duduk pengemudi, pada bagian bagasi yang lebih lebar bahkan bisa di maskan motor dalam keadaan berdiri.
  •        BUS HIGH DECK DOUBLE GLASS (HDD)

HDD

Bus high deck Atau yang biasa disebut dengan HDD yaotu hasil pengembangan dari seri SHD yang sempat kita bahas sebelumnya, body ini cocok di terapkan untuk spesifikasi di luar SHD, semisal Hino RN dan Mercedes Benz OH 1526, perbedaan dengan SHD yaitu body yang lebih rendah, sama tinggi dengan jenis High Deck, topi yang lebih tipis serta terkadang sejajar dengan bangku penumpang, serta jumlah grill belakang yang di kurangi.
  •        BUS DOUBLE DECKER / BUS TINGKAT (DD)





Bus Double Decker atau yang biasa disebut DD yaitu bus yang memiliki tinggi –+ 4150mm, dibagi menjadi 2 tingkat deck dihubungkan melalui tangga. Trend bus Double Decker untuk bus AKAP ini pertama kali di perkenalkan oleh karoseri Adiputro dengan produk Double Decker nya pada ajang GIIAS 2015 lalu yang berbarengan dengan bus SHD nya.
  •        BUS ULTRA HIGH DECK (UHD)


Bus yang satu ini tergolong masih baru dan unit nya yang bertugas di jalan raya pun masih bisa di hitung dengan jari., tercatat bahwa satu satu nya karoseri yang memproduksi bus ULTRA HIGH DECK atau UHD ini yaitu karoseri Adiputro  yang di pamerkan dan perkenalkan pada ajang GIIAS 2018 lalu, bus ini berjenis JetBus 3+ Ultra High Deck (UHD) yang di akui cukup mendapatkan perhatian dari pengunjung GIIAS 2018 lalu, dan sempat juga menghebohkan dunia per bus an di Indonesia, Bus UHD ini di bangun di atas chasis premium Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan bus ini juga di jual dengan harga sekitar 3,1 Miliar, kalau untuk biaya pembuatan body karoseri nya saja yaitu sekitar 600Juta Rupiah, Bus ini memliki panjang total 13500mm, lebar nya sekitar 2500mm, dan tinggi nya sekitar 4000mm, dengan tinggi yang hampir mencapai 4 meter, bus ini hamper menyamai bus double decker atau bus tingkat apabila di sejajarkan, desain bus UHD ini membuat bus ini bisa membawa kargo dalam jumlah yang cukup banyak termasuk mengangkut sepeda motor karena ruang kargo di bawah deck menjadi extra besar dan extra luas, posisi pengemudi dirancang lebih rendah dari lantai kabin penumpang nya, untuk akses naik, disiapkan pintu di bagian depan dan tengah dengan dibantu tangga.


Nah itulah jenis jenis bus yang ada di Negara Indonesia yang masih digunakan sampai saat ini.,
Besar harapan kita untuk kemajuan dunia per bus an di Indonesia, semoga karoseri karoseri bus Indonesia bisa lebih maju lagi, dan melahirkan bus bus terbaik kedepan nya…,
    
  

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DAN PERBEDAAN LOGO BUS ROYAL COACH E & ROYAL COACH SE

Lebah Ganteng dan Pein Akatsuki, Dua Sosok Penerjemah Film Tersohor di Indonesia!

Pengertian Aproksimasi